-->

Kerajaan Galuh Pakuan Pajajaran - Air Mata Kuda Sembrani - Episode 2

Jika anda Belum membaca Episode 1 Kerajaan Galuh Pakuan Pajajaran, silakan baca terlebih dahulu.
air mata kuda sembrani kerajaan galuh
Ilustrasi Kuda Sembrani yang Air matanya dapat digunakan untuk mengobati Raja Galuh

Pada suatu ketika, menghadaplah seorang Wiku (pendeta) kepada Raja Pajajaran, seraya haturnya:
Wiku    : Gusti Prabu junjungan hamba, ampunilah hamba ini akan segala kelancangan hamba menghadap gusti tanpa panggilan dan dengan segala kemurahan hati Gusti Prabu, kami mohon atas segala kelancangan ini.

Raja    : Teramat gembira rasanya aku melihat kedatangan Wiku saat ini, sebab memang aa sesuatu yang kini tengah merisaukan pikiranku sebagai pimpinan pemerintahan di Kerajaan Pajajaran ini.

Wiku    : Gusti Prabu junjungan hamba, rasanya hamba memaklumi apa yang tengah gusti hadapi pada saat ini. Karena adanya wabah penyakit yang menimpa para kawula Pajajaran. Sampai pula Tuanku Putri saat ini terserang penyakit itu.

Raja    : Rasanya memang demikian Wiku, bahwa kerisauanku dan kecemasanku masih amat mencekam. Tetapi apakah kiranya Bapa Wiku dapat memberikan jalan keluar untuk semua permasalahan ini?.

Wiku    : Gusti Prabu junjungan hamba, kedatangan hambak ke sini bermksud untuk menyampaikan adanya “wisik” (ilham) yang telah hamba terima. Bahwasannya apa yang saat ini terjadi di tengah Kerajaan Pajajaran serta penyakit yang diderita oleh Tuan Putri junjungan hamba, masih bisa disembuhkan dengan obat yang disebut dengan “Air Mata Kuda Sembrani”.

Adapun obat itu hanya dapat diusahakan dari bagian timur kerajaan Pajajaran ini. Di arah timur sanalah ada sebuah keraton yang disebut Noesatembini dan di situlah obat itu bisa didapatkan. Tetapi untuk mencapai daerah itu serta mendapatkanya tidaklah mudah, sebab lingkungan keraton Noesatembini sangatlah gawat. Maka seyogyanya Gusti Prabu Junjungan hamba, mengutus para abdi dalem Pajajaran yang terpilih untuk menghadap Ratu Putri  yang memimpin keraton tersebut.

Haturkanlah segala maksud gusti untuk memohon apa yang disebut “Air Mata Kuda Sembrani” yang menjadi peliharaan sang Ratu. Apabila usaha mendapatkan air mata kuda sembrani itu berhasil, maka hal itu akan menjadi obat serta tumbalnya Kerajaan Galuh Pajajaran dari segala marabahaya yang akan datang.
=========
Lanjutkan Membaca Episode 3 Kerajaan Pakuan Pajajaran - Perjalanan Ke Noesatembini

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kerajaan Galuh Pakuan Pajajaran - Air Mata Kuda Sembrani - Episode 2"

Posting Komentar

Terimakasih mengirim komentar, Anda akan mendapat tanggapan dari kami secepatnya, Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel